Firefox Nebula
Official Firefox Wallpaper
Menurut Gourley (2002) HTTP method merupakan suatu aksi yang dilakukan oleh klien kepada server agar melakukan sesuatu pada resource tertentu. Method yang umum digunakan adalah GET, POST, dan HEAD. Syntax penulisan pada HTTP method (dapat disebut juga request) adalah sebagai berikut:

<method> <request-URL> <versi>
<header>

<request-body>

Sedangkan format untuk response (disebut juga HTTP response atau status-code) yang dikirimkan oleh server adalah sebagai berikut:

<versi> <status-code> <kalimat-status>
<header>

<response-body>

Tabel 2 menunjukkan detail penjelasan format untuk syntax HTTP method sedangakn tabel 3 menunjukkan detail penjalasan untuk format respon yang dikirim server. Setiap pesan HTTP baik itu berupa request atau response selalu diawali dengan baris pembuka. Setiap request (HTTP Method) dapat dianalogikan mengatakan apa yang akan dilakukan kepada server sedangkan analogi untuk response adalah selalu mengatakan apa yang telah terjadi pada server. Analogi tersebut tercermin dalam syntax komunikasi seperti yang tertera pada tabel 2 dan 3.

https://abwh.rioastamal.net/ ++ https://abwh.rioastamal.net/index.php ++ https://abwh.rioastamal.net/res/global/images/media-upload