Menurut W3C (2004) World Wide Web (lebih dikenal dengan istilah web atau www) adalah ruang informasi di mana hal-hal menarik, disebut sebagai sumber (resource), diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI).

World Wide Web diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989 yang saat itu adalah ilmuan dari CERN (Badan Riset Nuklir Eropa). Tim Berners-Lee juga mencipatakan HyperText Markup Language (HTML) sebuah teknologi untuk bertukar informasi melalui dokumen yang memiliki hypertext. Bersamaan dengan HTML, dia juga menciptakan protokol komunikasi yang digunakan untuk mengirim informasi melalui web, protokol tersebut disebut HyperText Transfer Protocol (HTTP). (Deitel, 2008)

Ilustrasi singkat bagaimana seorang user mengakses konten pada web adalah sebagai berikut.

  1. User membuka web browser
  2. User memasukkan alamat URL dari web yang ingin dikunjungi pada web browser, misal http://google.com/
  3. Web Browser kemudian menghubungi server yang bertanggung jawab terhadap alamat google.com dengan mengirimkan HTTP request.
  4. Server yang bertanggung jawab terhadap alamat google.com kemudian menjawab dengan mengirimkan HTTP response
  5. Browser menerima respon dari server kemudian mengintepretasikan HTML yang diterima untuk ditampilkan kepada user.

Aplikasi berbasis web disusun atas beberapa komponen teknologi yang saling mendukung. Komponen-komponen tersebut diantaranya: URL, protokol HTTP, HTML, web browser dan web server.